Selasa, 12 September 2017

Konglomerasi Keuangan Dalam Pengelola Reksadana

Pengelola Reksa Dana

Biasanya konglomerasi keuangan selalu  berinstrukdi pada lembaga jasa keuangan yang berada dalam satu kelompok,  karena keterhubungannya kepemilikan atau pengendalian. Contohnya seperti konglomerasi keuangan BNP Paribas, Mandiri, BCA, Panin, BNI memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang keuangan salah satunya manajer investasi pengelola reksa dana

Salah satu pertanyaan yang sering saya dengar dari investor adalah apakah diperbolehkan jika reksadana yang dikelola oleh Panin Asset Management menggunakan Bank Panin sebagai custodian, untuk hanya bertransaksi di Panin Sekuritas, melakukan penempatan di Deposito Bank Panin, dan membeli saham Panin Life dalam reksadananya, dan di jual melalui Panin Sekuritas? 

Tentunya memang sedikit ada kekhawatiran karena jika transaksi yang dilakukan hanya di dala kelompok, dikhawatirkan yang lebih mendapatkan keuntungan adalah kelompok keuangan tersebut dibandingkan dengan investornya. 

Namun dalam hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan berlebihan karena telah diatur dalam peraaturan OJK Nomor 23/POJK.04/2016 tentang Reksadana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif. Bentuk pengaturanyya adalah sebagai berikut.  

Untuk pengelola reksa dana, hubungan afiliasi dalam pengelolaan reksadana dapat terjadi misalkan reksadana yang dikeola Panin Asset Management membeli saham Panin Life, membeli saham yang proses penawaran umunya dilakukan oelh Panin Sekuritas, dan atau melakukan penempatan Deposito di Bank Panin.  Hal tersebut hanya berupa contoh beli reksadana namun pada prakteknya sesuai dengan aturan OJK ada yang diperbolehkan ada yang tidak.                                                         

Load disqus comments

0 komentar