Senin, 16 Januari 2017

Solusi Tepat Dalam Memilih Karpet

karpet

Karpet merupakan ornamen penting dalam sebuah rumah atau bangunan, karena karpet dapat mendongkrak penampilan dari rumamah tersebut. Untuk itulah sangat penting untuk memilih karpet, seperti yang mycroatianlife.com kutip dari liputan6.
Pilihan material lantai yang beraneka ragam tentunya membuat kita lebih fleksibel untuk mengatur bujet. Dan karpet vinyl yang berbahan dasar campuran karet dan plastik dan dilapisi motif pada permukaannya, adalah salah satu pilihan yang ekonomis ketika Anda ingin mendekorasi lantai.

Anda bisa menemukan karpet vinyl dengan mudah di pasaran. Harganya pun bervariatif, tergantung pada kualitas materialnya, mulai dari Rp10ribu hingga Rp100 ribu per meter persegi. Dan jika dihitung-hitung harga karpet vinyl jelas lebih murah ketimbang memasang lantai parket atau lapisan kayu.

Simak juga: Ketahui Tiga Hal Ini Sebelum Membeli Karpet

Selain lantai vinyl dengan motif kayu, ada beragam motif lain yang bisa Anda pilih agar lantai Anda terlihat lebih atraktif. Cara pemasangannya juga relatif mudah, cukup dengan menggunakan lem pada bagian bawahnya.

Dengan penggunaan normal, karpet jenis ini bisa bertahan lebih dari 10 tahun. Lantas, bagaimana cara merawat lantai vinyl agar bertahan lama? Simak saja tips dari Rumah.com berikut ini.

Perawatan Harian

Secara umum, karpet vinyl memiliki tingkat perawatan yang mudah. Untuk menjaga kebersihannya, Anda bisa melakukan perawatan harian menggunakan vacuum cleaner dengan nozzle berbulu lembut. Dan jika ingin menyapu, gunakan sapu berbahan nilon yang lembut atau loby duster.

*Untuk mengetahui daftar perumahan baru dengan informasi detail dan ulasan yang mendalam klik di sini.

Perawatan Mingguan

Selain menyapu, Anda juga perlu mengepel karpet vinyl setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Ada beberapa tips penting ketika hendak mengepel karpet seperti ini. Pertama, gunakan obat pembersih khusus vinyl berkualitas baik yang dapat Anda beli di pasaran.

Kemudian, pilih kain mop untuk mengepel lantai. Celupkan kain mop dan gunakan untuk mengepel lantai dengan kondisi cukup basah. Dengan demikian kotoran dapat terangkat dengan mudah. Terakhir, bilaslah menggunakan air bersih.

Berbeda dengan lantai keramik, karpet vinyl yang selesai di pel sebaiknya segera dikeringkan. Caranya bisa menggunakan floor sweeper, atau dikeringkan dengan bantuan kipas angin.

Pembersihan Noda Membandel

Jika menemukan kotoran yang sulit diangkat menggunakan sapu atau kain pel, Anda bisa menggunakan cairan MPC dengan cara menyemprotkannya tepat pada noda. Kemudian gunakan spons lembut untuk menggosok noda hingga bersih. Jika sudah, keringkan lantai menggunakan kain lap kering.

Apabila metode scrub atau menggosok noda membandel belum mampu mengangkat kotoran, Anda bisa membuatnya terlihat kembali mengkilap dengan melakukan coating. Jika lantai vinyl terkena tumpahan cairan seperti kopi, teh atau sirup, segera bersihkan kotoran sebelum kering untuk mencegah timbulnya noda flek permanen.

Perawatan Ekstra

Lantai vinyl yang sudah lama dipakai juga umumnya mengalami pengelupasan akibat daya rekat lem yang berkurang. Untuk mengatasinya Anda bisa kembali merekatkan karpet menggunakan lem agar lantai terlihat baru kembali.

Hindari menggeser benda-benda terutama yang berat di atas lantai vinyl. Hal ini dilakukan untuk menghindari lantai menjadi mengerut atau bahkan robek dan rusak permanen. Untuk memindahkan atau memasukkan furnitur berukuran besar dan berat, Anda bisa menggunakan alas papan untuk menggeser barang tersebut.
Load disqus comments

0 komentar